Pages

Selasa, 06 Mei 2014

tujuan setelah lulus SMP

Mau Sekolah Di Mana?
SMA/MA atau SMK/MAK??

  Mau sekolah di mana setelah kamu lulu SMP/MTs nanti? Bingung, ya? Jangan bingung. Informasi di bawah ini mungkin sangat berguna bagimu dalam mengambil keputusan.

Sekolah Menengah Atas (SMA)/Madrasah Aliyah (MA)
  SMA/MA merupakan sekolah menengah umum. Jika kamu ingin melanjutkan ke pendidikan yang lebih tinggi (perguruan tinggi), pilihlah sekolah ini.
  Di SMA/MA nanti, kamu akan dikelompokkan dalam program pendidikan khusus sesuai nilai akademismu di waktu SMP/MTs serta minat dan bakatmu. Program di SMA meliputi Matematika dan Sains (MS) dan program Ilmu Sosial (IS). Adapun dua program yang disebutkan, terdapat satu program lagi, yaitu program Keagamaan. Semua program SMA/MA sama bagusnya. Pilihlah yang sesuai dengan minat dan bakatmu.

Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)/Madrasah Aliyah Kejuruan (MAK)

  Jika kamu ingin segera bekerja setelah lulus, pilihlah SMK/MAK. Sekolah ini merupakan sekolah kejuruan yang bertujuan menyiapkan siswa untuk memasuki lapangan kerja. Namun demikian, tidak tertutup kemungkinan setelah lulus SMK/MAK dapat melanjutkan ke perguruan tinggi.
  Di SMK/MAK kamu akan dibekali keterampilan sesuai bidang studi keahlian yang kamu pilih. Berikut ini beberapa bidang studi keahlian di SMK/MAK : 
  1. Teknologi dan Rekayasa
  2. Teknologi Informasi dan Komunikasi
  3. Kesehatan
  4. Seni, Kerajinan, dan Parisiwata
  5. Agribisnis dan Agriteknologi
  6. Bisnis dan Manajemen
  Setelah mengetahui informasi tentang sekolah di SMA/MA dan SMK/MAK, mungkin kamu mulai punya gambaran mau pilih yang mana. Untuk memilih sekolah, berikut ini beberapa tips yang perlu kamu ketahui :
  1. Tentukan tujuan setelah lulus SMP/MTs. Jika ingin melanjutkan ke perguruan tinggi, pilihlah SMA/MA. Jika ingin langsung bekerja, pilihlah SMK/MAK.
  2. Jangan memilih sekolah sekedar ikut-ikutan teman.
  3. Persiapkan dirimu sejak dini, jika kamu ingin masuk ke sekolah yang mensyaratkan nilai akademis tertentu.
  4. Jangan memaksakan diri masuk sekolah favorit jika kemampuan akademismu kurang memadai.
  5. Pertimbangkan bakat dan minat yang kamu miliki untuk menentukan sekolah yang tepat bagimu.
  6. Berkonsultasilah kepada orang yang lebih tahu, misalnya guru BP/BK, untuk mendapat gambaran sekolah yang cocok bagimu.
  7. Pertimbangkan kemampuan ekonomi orang tua untuk memastikan keberlanjutan pendidikanmu.
Camkan baik-baik. SMA/MA atau SMK/MAK dapat kamu jadikan pilihan untuk merintis masa depanmu. Yang terpenting pilihlah sekolah yang benar-benar sesuai dengan minat, bakat, dan kemampuanmu. Inilah salah satu kunci sukses kamu.

Sumber : Buku Referensi, Google.Com

0 komentar:

Posting Komentar