Pages

Minggu, 04 Mei 2014

tujuan setelah lulus SMA

 Mau Kuliah di Mana ???



       Pertanyaan di atas sering menyeruak di antara percakapan sehari-hari. Pertanyaan ( Mau Kuliah di Sana ??? ) semakin sering terdengar ketika masa SMA/MA akan berakhir.
       Besar Kemungkinan Anda kebingungan menjawab pertanyaan di atas. Kebingungan Anda bisa dimengerti. Banyak siswa dilanda kebingungan dalam menentukan pendidikan berikutnya selepas SMA/MA. Penyebab utamanya adalah kurangnya informasi mengenai perguruan tinggi yang ada di Indonesia. Agar tidak mengalami kebingungan mak kenalilah perguruan tinggi yang ada di indonesia.
        Perguruan tinggi di Indonesia banyak sekali jumlahnya dan di bedakan menurut jenisnya sebagai berikut :
  1.  Universitas
Universitas adalah lembaga pendidikan tinggi yang paling dikenal di Indonesia. Lembaga ini didirikan untuk mengarahkan lulusannya menjadi tenaga profesional siap kerja atau tenaga pendidik serta peneliti. Universitas terdiri atas bebrapa fakultas.
Fakultas adalah bagian dari unversitas yang mendidik mahasiswa dalam bidang tertentu. Dalam satu fakultas umunya terdiri beberapa jurusan. Sebaagai contoh : di Fakultas Teknik. Jurusan yang umum di ambil adalah Teknik Arsitektur, Teknik Kimia, Teknik Elektro, dll.
  2.   Institut
Berbeda dengan universitas yang mempunyai program studi yang beragam, institut berkonsentrasi pada satu bidang saja. Sebagai contoh : institut pertanian hanya mengkhususkan bidang pertanian saja. Meskipun demikian, institut juga mempunyai beberapa fakultas. Sebagai contoh : institut pertanian mempunyai fakultas pertanian, peternakan, perikanan, an kehutanan.
  3.  Sekolah tinggi
Sekolah tinggi adalah perguruan tinggi yang menyelenggarakan pendidikan akademik dalam lingkup pengetahuan, teknologi, atau seni. Jika memenuhi syarat, sekolah tinggi dapat menyelenggarakan pendidikan profesi. Sebagai contoh : Sekolah Ilmu Tinggi Ekonomi ( STIE ) memiliki program profesi spesialis ekonomi.
  4.  Akademi
Akademi merupakan lembaga pendidikan yang lebih menekankan pada keterampilan praktik dan kemampuan untuk mandiri. Umumnya, lama pendidikan di perguruan tinggi ini hanya tiga tahun. Di perguruan tinggi ini, porsi praktik lebih besar daripada teori. Banyak akademi di Indonesia berstatus kedinasan. Sebagai contoh : Akademi Kepolisian (Akpol), Akademi Militer (Akmil), dll.
  5.  Politeknik
Politeknik merupakan bagian dari sistem pendidikan nasional yang bertujuan menyiapkan mahasiswanya terjun di dunia kerja setelah lulus. Lulusan politeknik diharapkan memiliki kemampuan profesional alam menerapkan, mengembangkan, dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan dan teknologi. Di politeknik, porsi praktik lebih besar daripada teori. Sebagai contoh : Politeknik Kesehatan (Poltekes), Politeknik Elektronika, dll.
          Perguruan tinggi mana yang anda pilih?? Otoritas ada di tangan anda. pilihlah perguran tinggi yang sesuai dengan kemampuan anda.

0 komentar:

Posting Komentar