Pages

Senin, 05 Mei 2014

Tips cara belajar yang baik

Tips cara belajar yang baik dengan aplikasi hukum newton



   Belajar merupakan kewajiban utama setiap siswa, termasuk anda tentunya. Walaupun begitu, ada saat-saat semangat belajar anda menurun. Padahal anda tahu akibat jika malas belajar. Untuk mengatasi hal tersebut, sangat perlu tips-tips berikut ini anda perhatikan.
  1. Jangan belajar hanya pada saat menjelang ujian. Jika terlalu lama dalam keadaan diam (tidak belajar) maka anda semakin sulit untuk memulainya. Semakin lama anda tidak belajar, semakin besar kecenderungan untuk tetap tidak belajar. Aplikasi hukum I Newton. 
  2. Ciptakan suatu keadaan sedemikian hingga seolah-olah anda selalu dalam keadaan belajar. Hal ini tidak berarti anda harus terus-menerus belajar tanpa istirahat. Akan tetapi, anda harus belajar secara berkesinambungan dan teratur. Sinambung artinya nyambung antara proses belajar hari ini dengan hari-hari kemarin. Kalaupun anda liburan, upayakan untuk tidak lepas sama sekali dengan mata pelajaran.  Aplikasi hukum I Newton.
  3. Bangkitkan motivasi yang kuat untuk belajar, terutama untuk pelajaran yang lebih sulit. Semakin sulit materi pelajaran, semakin besar motivasi yang diperlukan untuk menguasainya. Untuk membangkitkan motivasi, perhatikan tips-tips berikut :
a.       Bayangkan betapa puas dan bangganya kalau kita mampu menguasai pelajarn yang sulit.
b.     Anggaplah semua pelajaran penting dan berguna bagi masa depan kita.
c.      Kejarlah prestasi terbaik karena kesempatan yang lebih baik biasanya lebih melihat kepada orang-orang terbaik.
d.     Ingat belajar itu termasuk ibadah. Tuhan tidak menilai kesuksesan belajar hanya dari nilai hasil ujian, tetapi tuhanakan menilai proses perjuangan untuk memperoleh nilai tersebut.
Aplikasi hukum II Newton
4.     Jangan sekali-kali membenci suatu mata pelajaran. Pepatah mengatakan, “tak kenal maka tak sayang”. Dalam hal ini mungkin anda belum mengenal mata pelajaran tersebut. Coba kenali lebih jauh, mungkin anda akan menyayanginya. Aplikasi hukum III Newton : aksi = reaksi

Sumber : Buku referensi

0 komentar:

Posting Komentar